Pengalaman Mengikuti Kegiatan Ceramah Umum dan Digital Labs

Assalamu’alaikum Wr. Wb. 

        Perkenalkan, saya Padma Kinanti dari kelas 8D absen 29. Hari ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti kegiatan Ceramah Umum dan Dialog Interaktif serta Digital Labs.




        Acara ini diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 29 September 2020. Jam 07.00 pagi, seluruh siswa mulai dari kelas 7, 8, dan 9, sudah berkumpul di zoom angkatan. Siswa diabsen terlebih dahulu, barulah jam 07.10 acara dibuka oleh MC dan sambutan-sambutan oleh Ketua POMG, dr. Deny Aryasari, Kepala Sekolah SMP Labschool Jakarta, Bapak Drs. H. Asdi Wiharto, serta Kepala BPS Laboratorium UNJ, Bapak Prof. Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd. Setelahnya, kami berdoa bersama dipimpin oleh guru AIS yaitu Bapak Drs. Dedi Hadi Rizki.

 

        Setelah acara pembuka, kami dipindahkan ke breakout room sesuai Angkatan masing-masing untuk mengikuti kegiatan Ceramah Umum dan Dialog Interaktif. Di dalam breakout room, kami menunggu para pembicara masuk ke breakout room.

 

        Pada pukul 07.45, dimulailah kegiatan Ceramah Umum dan Dialog Interaktif. Materi yang disampaikan pembicara berbeda-beda, dan tentunya dengan pembicara yang berbeda-beda pula. Kali ini, kelas 8 mendapat materi tentang “Bijaksana Berselancar Internet di Masa Pandemi Covid-19 yang dibawakan oleh seorang psikolog, bapak Firman Ramadhani, M.Psi. Pak Firman mengajak kami berdiskusi tentang Peran Internet, Pengaruh Internet dilihat dari sisi psikologis, serta menceritakan pengalaman pribadinya dalam menghadapi pasien degan gangguan mental saat menjadi psikolog.

 


        Kegiatan ceramah umum dan dialog interaktif ini diselenggarakan sampai waktu Istirahat sekitar pukul 09.30. Seluruh siswa dan guru dikumpulkan kembali ke zoom angkatan lalu beristirahat dengan keadaan zoom masih berjalan, hanya saja kamera zoom dimatikan.

 

        Setelah istirahat selama 30 menit, kami memulai acara Digital Labs. Sama seperti kegiatan sebelumnya, kami dipindahkan kembali ke breakout room sesuai angkatan masing-masing, lalu menunggu pembicara Digital Labs masuk ke breakout room yang telah ditentukan. Sama seperti kegiatan Ceramah Umum dan Dialog Interaktif, materi yang disampaikan pembicara berbeda-beda, dan tentunya dengan pembicara yang berbeda-beda pula. Kali ini, kelas 8 mendapat tema “Teen and Tech: Navigating Digital Landscape,” dengan pembicara seorang pakar dan praktisi digital, bapak Deswara Aulia, serta seorang produser film, ibu Ninin Musa.


        Ibu Ninin Musa menyampaikan materi mengenai dunia perfilman; proses membuat film, property yang diperlukan, serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat film. Ibu Ninin Musa juga menjawab pertanyaan siswa-siswi yang bertanya lewat fitur chat di zoom.

 

        Setelah ibu Ninin Musa selesai membawakan materi, giliran bapak Deswara Aulia yang memberikan materi. Pak Deswara yang biasa dipanggil Pak Adez, memberikan materi seputar dunia editing film, juga tentang social marketing dalam film. Dalam sesi materi Pak Adez, ada yang menarik! Ada hadiah senilai Rp. 100.000 dalam bentuk saldo OVO atau GoPay untuk 7 siswa / siswi yang memberikan pertanyaan terbaik. Setelah Pak Adez memberikan materi, Pak Adez memberi tugas kepada para siswa siswi untuk membuat video berdurasi 1 menit mengenai “Menggunakan Masker di Saat Pandemi,” yang akan di post di Instagram masing-masing murid. Pak Adez lalu memilih beberapa murid dengan video terbaik yang akan dikirimi hadiah yang dirahasiakan Pak Adez.

 

Berikut video tentang Digital Labs secara lebih detail:

 


        Setelah Bu Ninin dan Pak Adez selesai menyampaikan materi, kami semua dikumpulkan kembali untuk menutup acara Ceramah Umum dan Dialog Interaktif serta Digital Labs 2020.

 

        Sekian pengalaman saya mengikuti kegiatan Ceramah Umum dan Dialog Interaktif serta Digital Labs 2020, Mohon maaf apabila ada salah kata. Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Padma Kinanti Aryadewi

8D / 29

 


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Berpikir Komputasi: Rangkuman dan Uji Kompetensi

Kolaborasi

Invita