Pembelajaran Daring Di Masa Covid-19

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

        Nama saya Padma Kinanti Aryadewi dari kelas 8D, biasa dipanggil Padma. Hari ini saya akan membagikan pengalaman saya selama mengikuti pembelajaran daring (dalam jaringan) di masa pandemi Covid-19.

        Senin, 13 Juli 2020 adalah hari pertama saya dan teman teman mengikuti pembelajaran jarak jauh di kelas 8. Kami mengawali pembelajaran dengan doa, dilanjutkan dengan perkenalan diri dan pengaturan struktur kelas, serta mendiskusikan nama kelas. Setelahnya, kami belajar sesuai jadwal yang telah ditentukan.

        Normalnya, pembelajaran daring dilaksanakan mulai jam 06.50 - 12.00 melalui aplikasi Zoom Meetings. Setelahnya, siswa akan diberi tugas di platform yang telah ditentukan. Dalam sehari, siswa diberikan sekitar 2 - 3 tugas per hari untuk dikumpulkan sesuai deadline yang telah ditentukan guru yang bersangkutan. Biasanya, siswa diberi waktu sekitar 1 - 7 hari untuk mengerjakan tugas yang diberikan.

        Diluar kegiatan belajar mengajar, kami juga belajar dari beberapa kegiatan, seperti LDKS, Pra-SAKSI, dan lain-lain. Pada kegiatan tersebut, sekolah mengundang pemateri untuk berbagi materi. Setelah itu, kami akan diberi tugas untuk membuat video atau merangkum materi yang telah disampaikan oleh pemateri, lalu di-post di Instagram ataupun dikumpulkan ke google classroom.

        Dengan pembelajaran daring, kita semua dapat belajar sekaligus mengurangi resiko terpapar virus Covid-19. Namun tentu saja, dibalik setiap kelebihan pasti ada kekurangan. Banyak faktor yang menghambat pembelajaran daring ini, seperti jaringan internet yang terputus, mata yang kelelahan karena terlalu lama melihat layar komputer, dan lainnya.

        Pembelajaran daring ini adalah hal yang tidak akan saya lupakan sekaligus menjadi pengalaman yang unik. Tidak banyak yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga pandemi ini dapat segera berlalu sehingga kita dapat berkumpul kembali. Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Comments

Popular posts from this blog

Berpikir Komputasi: Rangkuman dan Uji Kompetensi

Kolaborasi

Invita