Rangkuman Bab 1: Menggunakan Jaringan Komputer dan Internet

Nama: Padma Kinanti Aryadewi
Kelas: 8D
Absen: 29


A. Internet dan Jaringan Internet

        Internet telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Internet dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, seperti bisnis, pendidikan, sosial, pemerintahan, kesehatan, dan sebagainya. Mengingat peran teknologi internet yang begitu besar dalam kehidupan, maka penting bagi kita untuk memahami bagaimana teknologi tersebut berkembang dan bekerja.


1. Mengenal Internet

        Internet adalah suatu jaringan yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Internet berasal dari kata interconnected-networking yang berarti jaringan komputer yang saling terkoneksi. Komputer-komputer tersebut tersebar dalam jaringan-jaringan yang lebih kecil di seluruh dunia. Jutaan jaringan telah yang saling terhubung dan membentuk suatu jaringan yang sangat besar yang disebut internet.


2. Sejarah dan Perkembangan Internet  

        Pada tahun 1957, Uni Soviet meluncurkan satelit pertama, yaitu Sputnik 1. Hal ini menimbulkan kekhawatiran Amerika Serikat akan terjadinya perang nuklir dan dampaknya.  

        Pada Agustus 1962, Joseph C. R. Licklider mengembangkan suatu jaringan komputer yang memungkinkan senjata nuklir dapat dikendalikan dari berbagai tempat yang dinamakan 'Galactic Network'. 

        Pada Oktober 1962, suatu lembaga riset ARPA (Advanced Research Projects Agency) dibentuk di bawah pengendalian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang bekerja sama dengan beberapa universitas terkemuka di Amerika Serikat dengan ketua program pertama Joseph C. R. Licklider. Licklider berhasil meyakinkan pentingnya penggunaan konsep jaringan kepada penerusnya Ivan Sutherland, Bob Taylor, dan peneliti Massachusetts Institute of Technology (MIT) Lawrence G. Roberts.  

        Pada tahun 1965, dengan bantuan dana dari ARPA, Larry Robert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi Wide Area Network yang pertama. Pada tahun 1969, ARPA berhasil membuat jaringan pertama online yang disebut ARPAREL. Pada tahun 1972, Ray Tomlinson dari BBN, perusahaan kontraktor dari ARPANET, menulis program yang dapat mengirimkan surat secara elektronik melalui ARPANET Program tersebut saat ini dikenal dengan e-mail.

        Tomlinson menggunakan simbol @ (dibaca: et) untuk menghubungkan nama pengguna (username) dan alamat email (email address). Pada akhir tahun 1980an, simbol @ resmi digunakan sebagai standar di seluruh dunia.

        Pada tahun 1986, internet digunakan secara terbuka untuk umum. Sejak saat itu, penggunaan internet berkembang dengan sangat cepat ke seluruh dunia. Pada tahun 1993, dikembangkan aplikasi untuk browsing yang disebut Mosaic oleh Marc Andreessen bersama timnya di National Center For Supercomputing Applications (NCSA).  


3. Jaringan Komputer

        Jaringan komputer adalah kumpulan komputer-komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya. Dalam jaringan komputer, terdapat komputer server dan beberapa komputer clientKomputer server berfungsi untuk melayani pengiriman dan penerimaan data dari komputer-komputer yang ada dalam jaringan. Adapun komputer client adalah komputer yang menerima pelayanan. Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari adanya jaringan komputer di antaranya sebagai berikut:

a. Membagi sumber daya

b. Reliabilitas tinggi

c. Menghemat uang

d. Sebagai sarana komunikasi

        Dilihat dari luas area yang dicakup oleh jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut.

a. Local Area Network (LAN) 

        Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang menghubungkan komputer-komputer yang terdapat dalam satu lokasi, misalnya gedung atau perkantoran. Umumnya, LAN dimiliki oleh suatu perusahaan atau organisasi tertentu.

b. Metropolitan Area Network (MAN) 

        Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. MAN umumnya digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan.

c. Wide Area Network (WAN) 

        Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer dengan area cakupan yang sangat luas dari segi geografis. WAN dapat mencakup satu negara atau benua. 

d. Internet

        Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, internet juga merupakan suatu jaringan komputer, yaitu jaringan yang sangat besar yang mencakup seluruh dunia. Internet merupakan kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN yang ada di seluruh dunia.

e. Intranet

        Intranet adalah jaringan komputer pribadi yang menggunakan teknologi yang sama dengan internet. Yang membedakan jaringan intranet dengan internet adalah jaringan intranet merupakan jaringan pribadi milik organisasi tertentu yang hanya dapat diakses oleh organisasi tersebut dan tidak dibuka untuk umum. Jaringan internet umumnya dibangun oleh organisasi-organisasi tertentu untuk menghubungkan antar kantor yang letaknya berjauhan.


4. Menghubungkan Komputer ke Internet

        Teknologi informasi dan komunikasi berkembang demikian cepat. Hal ini ditandai dengan semakin bertambahnya pengguna internet dan semakin luasnya jangkauan jaringan internet. Istilah yang berhubungan dengan akses internet adalah sebagai berikut:

a. Kecepatan Akses Internet

        Kecepatan akses internet juga dikenal dengan istilah kecepatan transfer data, kecepatan koneksi, atau lebar bandwidth, diukur dengan besar data yang dapat dilewatkan melalui jaringan dalam satuan waktu. Jika mengenai besarnya data, kita sering mendengar istilah TB (Terabyte), GB (Gigabyte), MB (Megabyte), dan kB (kilobyte). Jika mengenai kecepatan transfer data, kita sering mendengar istilah Gbps (Gigabits per sekon), Mbps (Megabit per sekon), dan kbps (kilobit per second).

b. Internet Service Provider

        Koneksi ke internet membutuhkan infrastruktur yang sangat mahal. Oleh karena itu, tidak mungkin dibangun oleh pengguna perorangan sehingga berdirilah perusahaan-perusahaan yang menginvestasikan dananya untuk membangun infrastruktur tersebut. Selanjutnya, perusahaan tersebut menjual jasa layanan koneksi ke internet. Perusahaan jasa layanan koneksi ke internet disebut dengan Internet Service Provider (ISP).

        Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan dari sebuah ISP, ada beberapa kriteria yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan, di antaranya sebagai berikut:

1. Kecepatan transfer data 

2. Biaya 

3. Luas jangkauan 

4. Teknologi yang digunakan

c. Menggunakan Jaringan Komputer (LAN)

        Mengakses internet menggunakan jaringan komputer lokal berarti menghubungkan komputer ke internet melalui sebuah server jaringan lokal yang terhubung ke internet. Menghubungkan internet melalui LAN Biasanya banyak lakukan di perusahaan, laboratorium, sekolah, dan sebagainya. Ketika membangun LAN, faktor lain yang perlu diperhatikan adalah Jumlah kebutuhan pengguna serta kecepatan akses yang diberikan oleh ISP.

d. Menggunakan ponsel 

        Jika anda menggunakan layanan data dari operator seluler, anda dapat menghubungkan komputer ke internet dengan cara mengatur agar ponsel yang digunakan menjadi titik hotspot ataupun modem.

e. Menggunakan Satelit

        Di daerah pedalaman, akses internet melalui jaringan ISP dan layanan data tidak tersedia. Salah satu solusi akses internet untuk pengguna internet yang berada di lokasi terpencil dan sulit diakses oleh jaringan lain adalah dengan menggunakan satelit. Satelit digunakan untuk mengirimkan dan menangkap pesan melalui angkasa menggunakan gelombang elektromagnetik


B. Berbagai Aplikasi dan Layanan Internet

1. Berbagai Jenis Aplikasi Internet

        Sejak internet diperkenalkan aplikasi-aplikasi: internet terus bertambah dan berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini didorong oleh semakin majunya teknologi yang ada dan berkembangnya kebutuhan penggunaanya. Meskipun demikian, tidak semua aplikasi awal internet ditinggalkan Beberapa teknologi masih tetap digunakan meskipun telah berkembang jauh jika dibandingkan dengan versi awalnya. Saat ini, beberapa aplikasi internet yang paling populer digunakan, di antaranya sebagai berikut:

a. Discussion Board dan Newsgroup

        Discussion board dan newsgroup adalah aplikasi Internet yang digunakan pengguna untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya dalam sebuah forum.

b. World Wide Web

        World Wide Web atau WWW merupakan aplikasi yang digunakan untuk menyimpan informasi dalam bentuk dokumen-dokumen yang disebut halaman web.

c. Electronic Mail (Email) dan Mailing List 

        Email atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik.

d. Weblog

Weblog atau lebih populer dengan sebutan blog merupakan bentuk lain dari halaman web. Sama seperti halaman web, blog disusun darikode-kode HTML. Perbedaan blog dengan halaman web terletak pada susunan layout tampilannya dan tujuan penggunaannya.


Sekian blog saya hari ini, terima kasih ;)

Comments

Popular posts from this blog

Berpikir Komputasi: Rangkuman dan Uji Kompetensi

Kolaborasi

Invita