Tugas Essay Informatika

Padma Kinanti A.

8D / 29 

1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma? 

        Algoritma adalah kumpulan langkah-langkah instruksi yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau persoalan. Desain Algoritma adalah proses pemecahan suatu masalah yang mencakup sejumlah karakteristik, seperti menganalisa data secara logis dan menciptakan solusi dengan menggunakan langkah-langkah yang diperintahkan


2. Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

a. Pseudocode, adalah rangkaian instruksi yang menggambarkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan

b. Flowchart, adalah diagram yang mewakili kumpulan dari instruksi-instruksi yang ditampilkan menggunakan simbol standar untuk menggambarkan instruksi-instruksi yang berbeda-beda.


3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!

1. Jalankan program RoboMind.

2. Untuk memilih map yang sesuai, dari menu File, klik perintah Open Map. Kotak dialog Open akan ditampilkan

3. Pilihlah Map yang sesuai, dalam hal ini Open Area Map baru akan ditampilkan di jendela RoboMind.

4. Pada program ini, bila ada beberapa huruf yang digunakan secara berulang, perintah menuliskan huruf tersebut akan ditempatkan dalam bentuk Procedure sehingga dapat dipanggil berulang-ulang dan kita tidak perlu menuliskan kode yang sama berulang kali.

5. Tambahkan kode berikut untuk menempatkan robot di posisi awal untuk menuliskan huruf. Contoh: I.

     Forward (3)

     Left

     Forward (8) 

     Right

6. Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot menuliskan huruf. Contoh: I

     #Huruf I

     PaintWhite 

     Forward (2)

     StopPainting

7. Tambahkan kode berikut untuk menempatkan robot di posisi awal untuk menuliskan huruf. Contoh: A.

     Right

     Forward (2)

     Left

     Backward (2)

8. Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot menuliskan huruf A. Dalam hal ini, kita akan menuliskan huruf A dengan cara memanggil Procedure A

     #Huruf A 

     A()

9. Tambahkan kode program untuk huruf-huruf yang lain.

10. Untuk melihat apakah kode program bekerja dengan baik, jalankan program tersebut.

11. Jika program sudah bekerja dengan baik, simpanlah pekerjaan kamu.


4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!

Variabel adalah suatu objek yang digunakan untuk menampung data atau konstanta di memori yang mempunyai nilai yang dapat berubah–ubah selama proses program.

Tipe data adalah Kumpulan benda atau objek yang dapat kita temui pada suatu data


5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!

1. Jalankan Scratch dan buatlah proyek baru.

2. Tambahkan variabel-variabel.

3. Susun letak variabel-variabel tersebut.

4. Pada blok Events, tambahkan blok perintah 'When click' ke blok Code untuk mengatur cara menjalankan program.

5. Agar variabel tidak ditampilkan di stage, tambahkan dua perintah hide variable pada blok Variables untuk menyembunyikan variabel. Variabel juga dapat disembunyikan dengan cara menghilangkan tanda cek pada kotak cek yang ada di variabel yang bersangkutan.

6. Untuk meminta input dari pengguna, tambahkan perintah 'ask and wait' pada blok Sensing.

7. Untuk menyimpan input dan pengguna ke variabel yang disediakan, tambahkan blok perintah set-1 to dan tambahkan blok perintah 'answer' ke blok perintah tersebut. 

8. Dengan cara yang sama, gunakan blok perintah yang sama untuk meminta dan menangkap nilai input untuk variabel.

9. Pada blok Variables dan Operator, tambahkan blok perintah untuk menghitung nilai dari variabel. Untuk menghitung akar, gunakan blok perintah fungsi 'sqrt' yang terdapat d blok Operator.

10. Untuk menampilkan hasil penghitungan kepada pengguna, tambahkan perintah 'say - for - second' dan perintah 'say' dari blok Looks.

11. Jalankan program dan berikan input. Periksa apakah program bekerja sesuai dengan yang diharapkan.

12. Simpan program yang sudah dibuat.


6. Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch!

Tipe data Boolean, adalah tipe data yang hanya digunakan untuk menyimpan nilai berupa true / false

Tipe data Numerik, adalah tipe data yang hanya digunakan untuk menyimpan nilai berupa bilangan / angka

Tipe data String adalah tipe data yang hanya digunakan untuk menyimpan nilai berupa teks. 


7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!

Tipe data numerik digunakan untuk menyimpan nilai berupa bilangan / angka, sedangkan tipe data teks / string digunakan untuk menyimpan nilai berupa teks. 


8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!

START

Move 'Posisi Awal'

WRITE 'P'

Move 'Posisi Awal'

WRITE 'A'

Move 'Posisi Awal'

WRITE 'D'

Move 'Posisi Awal'

WRITE 'M'

Move 'Posisi Awal'

WRITE 'A'

END


9. Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!

Variabel dengan tipe data boolean biasanya digunakan untuk menyimpan nilai dari suatu pengujian kondisi.


10. Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.

#Huruf P 

PaintWhite 

Forward (2) 

Right 

Forward (2) 

Right 

Forward 

Right 

Forward (2) 

StopPainting


Comments

Popular posts from this blog

Berpikir Komputasi: Rangkuman dan Uji Kompetensi

Kolaborasi

Invita