Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W Serta Lomba Loketa dan Bulba.

Assalamualaikum Wr. Wb.

       Perkenalkan nama saya Padma Kinanti dari kelas 8D absen 29. Hari ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W, serta lomba Loketa dan Bulba.

 


       Untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad S.A.W, SMP Labschool Jakarta menyelengarakan acara ceramah umum yang diselenggarakan pada Senin, 26 Oktober 2020. Siswa-siswi yang beragama Hindu mengikuti kegiatan Dharma Tula, sedangkan siswa-siswi yang beragama Kristen mengikuti Ibadah Penyegaran Rohani Kristen.

 

       Acara dimulai pada pukul 07.00. Seluruh siswa-siswi berkumpul di zoom meeting Angkatan. Acara dibuka oleh MC dari OSIS Gadhiwara dan dimulai dengan pembacaan tilawah dan saritilawah oleh Rizky dan Nayra dari perwakilan Rohis Amin, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua POMG, dr. Deny Aryasari, Kepala Sekolah SMP Labschool Jakarta, Bapak Drs. Asdi Wiharto, serta Kepala BPS Laboratorium UNJ, Bapak Prof. Dr. Sofyan Hanif.

 


       Pukul 07.20, Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W pun dimulai. Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W. tahun ini diisi dengan ceramah agama. Ceramah kali ini diisi oleh Ustadz Usaid Fatahurrahman. Materi yang dibawakan adalah tentang kebiasaan-kebiasaan, sikap, sifat, serta cara mendekatkan diri kita kepada Rasulullah. Ustadz Usaid juga sering memberikan pertanyaan kepada para siswa-siswi untuk dijawab melalui kolom chat, sehingga membuat para siswa-siswi lebih aktif dalam acara ini.

 

       Ceramah selesai pada pukul 08.30, mundur 10 menit dari jadwal. Kami masih memiliki waktu 20 menit untuk istirahat sebelum masuk kembali ke zoom meeting untuk mengikuti lomba Bulba maupun Loketa.

 

       Bulba (Bulan Bahasa) adalah lomba yang berhubungan dengan bahasa yang diselenggarakan oleh SMP Labschool Jakarta setiap tahunnya. Lomba ini terbagi menjadi beberapa kategori. Diantaranya ada Debat, Puisi, E-Poster, Pidato, Fotu (Foto Virtual), serta menulis Cerpen. Sedangkan Loketa (Lomba Keterampilan Agama) adalah lomba yang berhubungan dengan keterampilan agama yang diselenggarakan oleh SMP Labschool Jakarta setiap tahunnya.




       Jam 08.50 seluruh siswa-siswi masuk ke zoom lomba yang telah dipilih sebelumnya. Siswa-siswi yang tidak mengikuti lomba akan dibagi menjadi supporter di lomba yang akan ditentukan wali kelas. Saya sendiri mengikuti lomba puisi dengan 1 supporter dari kelas saya.

 

       Jam 09.00 lomba pun dimulai. Lomba puisi berlangsung dari jam 09.00-10.40, dengan maksimal waktu membaca selama 5 menit. Juri lomba puisi kali ini adalah Pak Adi (Guru Bahasa Indonesia) ditemani oleh Ibu Dyah (Guru Seni Musik). Teknisnya, para peserta lomba puisi membacakan salah satu dari tiga puisi yang telah ditentukan sebelumnya. Peserta lomba puisi membacakan puisi yang dipilih dengan posisi berdiri menggunakan zoom dari handphone dengan posisi handphone portrait. Pemenang lomba puisi akan diumumkan pada minggu depan.

 

       Setelah selesai mengikuti lomba puisi, seluruh siswa-siswi kembali ke zoom Angkatan untuk menyaksikan babak final lomba debat. Topik final lomba debat yang dipilih oleh panitia kali ini adalah mengenai “Apakah menghilangkan UN (Ujian Nasional) merupakan langkah yang tepat.” Di tim pro ada Kak Dieni dan Kak Revo, sedangkan di tim kontra ada Kak Nayla dan Kak Kayla. Babak final debat ini berlangsung selama 30 menit. Setelah selesai babak final debat, acara ditutup oleh MC dari OSIS Gadhiwara.

 

       Sekian pengalaman saya mengikuti acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W, serta lomba Loketa dan Bulba, mohon maaf apabila ada salah kata.

 Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

 

 

 


Comments

Popular posts from this blog

Berpikir Komputasi: Rangkuman dan Uji Kompetensi

Kolaborasi

Invita